Persalinan Kedua Nycta Gina Dengan Cara Caecar

 

 

 

Tauque.com – Presenter dan penyiar radio Nycta Gina kembali melahirkan anaknya dengan persalinan caecar. Padahal untuk melakukan persalinan yang anak keduanya dia telah mempersiapkan persalinan secara normal.

Kontraksi perut terus saja dirasakan setiap menit tetapi pembukaan jalan lahir tidak juga bertambah. Nycta Gina akhirnya memutuskan untuk melakukan persalinan caesar.

“Kalau dibilang kecewa sih sebenarnya, ya pada waktu itu sempat merasa, ‘Wah enggak berhasil nih ngelahirin normal’. Tapi ujung-ujungnya kembali lagi, yang penting aku sudah berdoa yang terbaik untuk aku dan anak aku, akhirnya Tuhan berkehendak bahwa harus di cesar, jadi ya sudah,” ungkap Nycta Gina di Rumah Sakit St Carolus, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (29/3/2108).

Gina mengatakan kesulitan pembukaan jalur lahir walaupun sudah sering berkontraksi dikarenakan dirinya ketika masa kehamilan.

“Mulut rahim aku tergolong kaku, mungkin salah aku juga selama hamil enggak banyak gerak, walaupun mungkin udah ngerasa udah yoga, udah segala macem, namanya juga gadis-gadis manja, jadi penurunan kepala anaknya agak susah,” tutur Gina.

“Ditambah lagi mungkin sebelumnya aku enggak ada riwayat melahirkan normal, jadi kan kayak anak pertama mulut rahim harus menipis dulu, baru dia bisa membuka. Nah, proses itu yang kemaren harus aku lewatin. Ternyata enggak sanggup karena kontraksi yang datangnya dua menit sekali sampai akhirnya menjelang cesar setiap menit, bahkan setiap tarik napas datang lagi (sakitnya),” ucapnya.

walaupun demikian dia tetap bersyukur dapat melahirkan anaknya dengan selamat. Terlebih anaknya juga dilahirkan dengan sempurna dan tidak mengalami kekurangan apapun. Dia juga merasa bahagia lantaran merealisasikan keinginannya untuk melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD).

“Aku mengincar lahir normal supaya aku bisa inisiasi menyusui dini. IMD ini biasanya dilakukan jika persalinan normal. Tapi di sini di Carolus, di kamar operasi pun ternyata bisa dilakukan IMD meski cesar. Jadi pas begitu bayinya keluar, dibersihin, langsung didekapin ke aku. Waktu melahirkan Uta (panggilan anak pertamanya) dulu aku enggak mengalami itu. Aku cuma liat bayinya terus dibawa. Jadi pas Uti (panggilan anak keduanya), aku ngeliat gimana dia nyari puting susu ibunya sampai dapat gitu, aduh amazing banget. Sekarang nyusunya juga sudah semakin pintar,” ungkap Gina.

Nycta Gina melahirkan seorang putri yang diberi nama Lembar Putih Trynicta pada Selasa, 27 Maret 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *